-->

TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIVE : Pengertian, Tujuan, dan Kompetensi

Siswa Otomotif

Teknik Kendaraan Ringan Otomotive (TKRO) merupakan salah satu jurusan yang mempelajari ilmu mengenai dunia otomotif khususnya kendaraan darat. Dengan adanya pendidikan jurusan teknik kendaraan ringan ini agar menciptakan tenaga ahli di bidang tersebut.

Pengertian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Teknik Kendaraan Ringan adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.

Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem.

Teknik Kendaraan Ringan yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

Tujuan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Tujuan Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta St. Aloisius yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan agar kompeten dalam :

  1. Membaca Gambar Tekhnik
  2. Teknologi Dasar Otomotif
  3. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
  4. Teknik Listrik Dasar Otomotif
  5. Simulasi Digital
  6. Teknik Pemeliharaan Mesin
  7. Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga
  8. Pemeliharaan Listrik Kendaraan Ringan

Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Kompotensi keberhasilan dari ilmu teknik kendaraan ringan yaitu :

  • Memiliki karakter, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan
  • Menciptakan lapangan kerja sendiri atau berwirausaha dalam bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan
  • Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensi yang dimiliki

Lulusan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan motor otomotif, perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga otomotif, perawatan dan perbaikan chasis dan suspense otomotif, perawatan dan perbaikan system kelistrikan otomotif serta dibekali kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan dunia industri.

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs


TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Baca Juga:

Langganan Via Email
Copyright © | by: Me